Jokowi Minta Wartawan Patuhi Kode Etik Jurnalistik, PWI Bertekad Mengawal Pemberitaan Berkualitas dan Berimbang

jokowi
Jokowi Minta Wartawan Patuhi Kode Etik Jurnalistik, PWI Bertekad Mengawal Pemberitaan Berkualitas dan Berimbang. Foto: Istimewa

DINEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi), minta Wartawan Patuhi Kode Etik Jurnalistik. Menggarisbawahi pentingnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dalam mengawal pemberitaan yang benar, otentik, berkualitas, dan berimbang selama pembukaan Kongres PWI ke-25 di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, (25/09/23).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan bahwa berita yang baik bukanlah berita yang semata-mata viral atau sensasional, karena hal tersebut dapat memicu penyebaran berita palsu atau hoaks. Menurut laporan Kementerian Komunikasi dan Informatika, sudah ada sekitar 11 ribu hoaks yang beredar di dunia digital.

“Berita yang baik itu bukan berita yang asal viral, bukan asal yang sensasional. Karena itu justru memicu penyebaran bertebaran hoaks. Dari laporan Menkominfo, ada 11 ribu yang bertebaran di dunia digital,” kata Jokowi.

Jokowi juga mendorong seluruh wartawan Indonesia untuk tetap mematuhi Kode Etik Jurnalistik sebagai panduan dalam menjalankan tugas mereka, dengan harapan agar profesionalisme tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *