Tetapkan awal Zulhijah, Kementerian Agama Direncanakan Menggelar Sidang Isbat Sore Ini

sidang isbat
Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib

Jakarta – Tetapkan awal Zulhijah 1444 Hijriah dan Hari Raya Idul Adha 2023, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat sore ini, Minggu, 18 Juni 2023.

Sidang isbat akan dimulai dengan seminar posisi hilal pada pukul 17.00 WIB. Setelah itu, sidang isbat baru digelar pada pukul 18.15 WIB.

Melansir akun Twitter resmi Kemenag, sidang isbat rencananya bakal digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Baca Juga : https://dinews.id/akuja-coffee-and-resort-tempat-nongkrong-kekinian-di-kawasan-puncak-bogor-catat-lokasinya/

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib menyampaikan sidang isbat ini digelar bertepatan dengan tanggal 29 Zulqaidah. Sidang isbat akan digelar secara tertutup.

Sementara itu, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut pengumuman soal libur Idul Adha 2023 baru akan dilakukan Senin 19 Juni 2023).

“Mudah-mudahan Senin 19 Juni 2023 besok sudah ada pengumuman,” kata Muhadjir kepada wartawan, Sabtu 17 Juni 2023 kemarin.

Baca Juga : https://dinews.id/kaisar-jepang-hironomiya-naruhito-dijadwalkan-bakal-mengunjungi-stasiun-pompa-waduk-pluit/

Menurutnya, saat ini aturan secara teknis tentang libur Idul Adha masih digarap oleh para eselon. Nantinya aturan itu akan segera disampaikan kepada publik.

“Sesuai arahan Pak Presiden untuk dibahas di tingkat menteri, dan ini sudah selesai. Sekarang tinggal diatur secara teknis,” tuntasnya.

Dikabarkan sebelumnya, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib menyampaikan bahwa Kementerian Agama (Kemenag) direncanakan bakal menggelar Sidang Isbat untuk penetapan awal Zulhijah 1444 Hijriah.

Baca Juga : https://dinews.id/pt-pertamina-dikabarkan-segera-luncurkan-bbm-jenis-baru/

Sidang Isbat Penetapan Awal Zulhijah 1444 H akan dihadiri Duta Besar Negara Sahabat, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Mahkamah Agung, Komisi VIII DPR RI,  dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Lalu, ada juga Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Badan Informasi Geospasial (BIG),  Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Planetarium, serta lembaga dan instansi terkait lainnya.

Selain itu, Adib menyebut sebelum sidang isbat, Kemenag juga bakal menggelar rukyatul hilal awal Zulhijah pada 99 lokasi seluruh Indonesia.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *