Mengenal Suodiu, Hidangan Kaki Lima Khas Tiongkok yang Benar-Benar Sulit Mengenyangkan

Suodiu
Suodiu. Foto : odditycentral.com

DINEWS.IDSuodiu adalah jenis makanan jalanan Cina yang aneh yang terdiri dari batu-batu sungai kecil yang ditumis dengan campuran rempah-rempah dan bumbu. Anda harus menghisap batu-batu tersebut lalu memuntahkan.

Secara kasar diterjemahkan sebagai ‘hisap dan buang’, suodiu diyakini telah ditemukan ratusan tahun yang lalu oleh para tukang perahu yang akan menyiapkan hidangan ini saat mereka terdampar di tengah sungai tanpa makanan yang sebenarnya saat mengantarkan barang.

Untuk mengganjal perut, mereka akan menumis beberapa kerikil sungai dengan berbagai bumbu dan kemudian menyedot batu-batu tersebut hingga kering.

Melansir odditycentral.com, Jumat 23 Juni 2023 hidangan tradisional ini diwariskan secara turun-temurun dari beberapa generasi, dan saat ini para pedagang pinggir jalan di Tiongkok terkadang terlihat menumis batu-batu sungai dengan minyak cilli, saus bawang putih, siung bawang putih, dan campuran rempah-rempah.

Suodiu adalah jenis makanan jalanan Cina yang aneh yang terdiri dari batu-batu sungai kecil yang ditumis dengan campuran rempah-rempah dan bumbu. Anda harus menghisap batu-batu tersebut lalu meludahkannya.

Setelah Anda menghisap semua bebatuan, Anda akan mendapatkan saus, yang menurut beberapa orang memiliki rasa amis yang berbeda dari kerikil sungai.

Hanya saja, jangan terbawa suasana dan mengunyah batu-batu tersebut jika tidak ingin merindukan dokter gigi.

“Apakah saya harus mengembalikan kerikil ini kepada Anda setelah selesai?” seorang pengunjung terdengar bertanya dalam salah satu video viral yang beredar di media sosial Tiongkok, dan dijawab oleh penjualnya, “Bawalah pulang sebagai oleh-oleh.” *

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *