Pesona Keindahan Jembatan Siti Nurbaya di Malam Hari

Pesona Keindahan Jembatan Siti Nurbaya di Malam Hari
Pesona Keindahan Jembatan Siti Nurbaya di Malam Hari. Foto: Istimewa

DINEWS.ID – Siapa yang tidak mengetahui Jembatan Siti Nurbaya, yang berlokasi di Jalan Kampung Batu, Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah Kota Padang.

Jembatan yang membentang sepanjang 156 meter di atas Sungai Batang Arau, ternyata memiliki cerita rakyat atau legenda yang sangat menarik. Pasalnya, Jembatan Siti Nurbaya yang selesai dibangun pada tahun 1995 dan diresmikan pada tahun 2002, disebut sebagai jembatan yang menghubungkan Kota Tua Padang dengan sebuah tempat bernama Taman Siti Nurbaya, di Gunung Padang.

Di Puncak Gunung Padang, terdapat sebuah makam yang dipercayai oleh masyarakat adalah makam Siti Nurbaya. Di sana banyak didatangi wisatawan untuk berziarah. Sebab itulah, tempat tersebut dinamai Taman Siti Nurbaya.

Konon katanya, terdapat fakta dan legenda dari Jembatan Siti Nurbaya. Hal ini tak lepas dari kepopuleran novel “Kasih Tak Sampai” karangan pujangga Melayu bernama Marah Rusli, yang menceritakan kisah cinta dari Siti Nurbaya.

Taman Siti Nurbaya terletak lebih kurang 500 meter dari Jembatan Siti Nurbaya. Di taman ini banyak dijumpai pohon-pohon yang rindang dan lebat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *