Amalan Puasa Sunah yang Dianjurkan pada Bulan Dzulhijjah

puasa sunah
Ilustrasi : Freepik.com

DINEWS.ID – Dalam bulan Dzulhijjah umat muslim dianjurkan untuk melakukan amalan, salah satunya adalah puasa sunah.

Lantas, puasa apa saja yang dianjurkan selama bulan Dzulhijjah?

Bulan Zulhijah adalah salah satu bulan haram atau bulan yang dimuliakan Allah SWT. Berbagai amalan yang dilakukan di bulan ini akan mendapatkan pahala berlimpah dari Allah SWT.

Puasa bulan Dzulhijjah

Umat Muslim dianjurkan menjalankan sejumlah puasa sunah berikut di bulan ini.

1. Puasa dari tanggal 1-9 Dzulhijjah

Mengutip NU Online, umat Islam dianjurkan berpuasa sejak tanggal 1 hingga 9 Zulhijah atau di tahun ini jatuh pada 20 Juni-28 Juni 2023.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, puasa di tanggal-tanggal awal Zulhijah setara dengan satu tahun berpuasa sunah.

“Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Zulhijah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan salat malam setara dengan salat pada malam Lailatul Qadar.” (HR At-Tirmidzi)

2. Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah adalah puasa sunah yang dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah. Tahun ini, 8 Zulhijah jatuh pada Selasa 27 Juni 2023.

Keutamaan puasa Tarwiyah adalah dapat menghapus dosa yang diperbuat selama satu tahun.

3. Puasa Arafah

Puasa Arafah adalah puasa pada tanggal 9 Zulhijah. Tanggal tersebut juga dikenal sebagai hari Arafah yang pada tahun ini jatuh pada Rabu 28 Juni 2023.

Puasa ini sunah, tapi hanya disarankan dilakukan oleh orang yang tidak sedang beribadah haji.

Mereka yang beribadah haji dan tetap melaksanakan puasa Arafah hukumnya khilaful aula atau menyalahi yang lebih utama. Bahkan, beberapa menyebutnya sebagai makruh.

4. Qada puasa Ramadan

Melaksanakan qada puasa Ramadan di awal-awal bulan Zulhijah juga tidak dilarang. Puasa qada tetap sah, dan Anda juga tetap mendapat pahala puasa sembilan hari pertama bulan Zulhijah.

5. Puasa Senin-Kamis

Puasa Senin-Kamis adalah puasa yang bisa dilakukan kapan saja, kecuali di hari tasyrik. Rasulullah SAW juga senantiasa melaksanakan puasa Senin-Kamis.

Anda juga bisa melaksanakan puasa Senin-Kamis di bulan Zulhijah, salah satu bulan mulia yang dicintai Allah SWT.

6. Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh bisa dilakukan di bulan mana pun dalam kalender Hijriah, termasuk Zulhijah. Puasa ini dilakukan selama tiga hari pada pertengahan bulan setiap tanggal 13, 14, dan 15 dalam kalender Hijriah.

Pada bulan ini, puasa Ayyamul Bidh bisa dilakukan pada 2, 3, dan 4 Juli 2023.

Demikian daftar puasa sunah yang bisa dilakukan di bulan Dzulhijjah. *

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *